• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Face Oil untuk Kesehatan Kulit?

Seberapa Penting Face Oil untuk Kesehatan Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang kering dapat memberikan dampak kulit terlihat kusam. Kondisi ini banyak dihindari oleh para wanita agar memiliki penampilan yang optimal. Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit kering pada wajah, seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta minum air putih yang cukup perharinya.

Baca juga: Manfaat Minyak Almond untuk Wajah

Selain menggunakan bahan-bahan alami, membuat kulit wajah tetap sehat juga bisa dilakukan dengan rutin menggunakan face oil pada area wajah. Dilansir dari laman Today, face oil menjadi produk perawatan kulit yang bekerja untuk menjaga minyak alami pada wajah agar kelembapan pada wajah tetap terjaga.

Pentingnya Face Oil untuk Kesehatan Kulit

Bukan hanya pelembap atau tabir surya, penggunaan face oil penting untuk kesehatan kulit wajah. Hal ini disebabkan banyak manfaat yang dirasakan ketika rutin menggunakan face oil pada wajah, seperti:

1. Mengatasi Penuaan Dini

Rutin menggunakan face oil dapat mengatasi penuaan dini. Dilansir dari Healthline, ada gejala pada wajah yang menandakan kamu mengalami penuaan dini, seperti munculnya kerutan, kulit yang menjadi lebih kering, dan muncul bintik-bintik hitam. 

2. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Tidak hanya komedo dan jerawat, memiliki pori-pori yang besar dapat membuat wajah terlihat lebih berminyak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang membesar, salah satunya menggunakan face oil pada wajah. Sebaiknya pilihlah face oil yang cocok untuk pemilik pori-pori besar, seperti macadamia atau jojoba. Jenis face oil ini dapat membantu untuk mengecilkan dan menyamarkan pori-pori yang besar.

Baca juga: Berbagai Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan Wajah

3. Menghilangkan Kemerahan pada Kulit Wajah

Terkadang adanya gangguan pada wajah, seperti jerawat membuat kulit wajah terlihat kemerahan, dengan penggunaan face oil yang tepat dapat mengurangi kemerahan yang terjadi pada wajah. Face oil juga dapat meringankan iritasi dan kamu bisa menggunakan face oil yang berbahan dasar argan. Selain mengurangi kemerahan, face oil berbahan argan juga mampu mencegah penuaan dini.

4. Kesehatan Kulit Menjadi Lebih Optimal

Minyak memiliki sifat lipofilik yang artinya lebih mudah untuk menyerap kulit. Dengan begitu, tidak hanya kulit bagian luar yang terawat, bagian dalam kulit juga mendapatkan perawatan yang sama sehingga kesehatannya lebih optimal. Penggunaan face oil tepat bagi masyarakat yang hidup di tengah perkotaan dan mendapatkan paparan polusi udara pada kulit wajah. 

5. Mencerahkan Wajah

Penggunaan face oil juga dapat membuat wajah yang kusam terlihat lebih cerah. Terkadang wajah kusam yang dialami dapat disebabkan karena berkurangnya kadar elastisitas pada kulit. Perhatikan jenis face oil yang digunakan. Penggunaan face oil yang tepat juga membantu untuk mencerahkan wajah.

6. Mengatasi Jerawat pada Kulit

Bukan hanya untuk jenis kulit kering, face oil dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Dengan rutin menggunakan face oil, wajah menjadi lebih mudah bersih dari bakteri penyebab jerawat. Jika kamu ingin mengatasi jerawat dengan face oil, pilihlah face oil yang memiliki bahan dasar calendula, rosehip, dan sea buckthorn.

Baca juga: 8 Urutan Penggunaan Skincare yang Benar

Selain face oil, gunakan perawatan kulit wajah yang lainnya agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Perawatan wajah dari luar memang penting, namun kamu juga bisa melakukan olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Premature Aging
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. 7 Reasons You Should Really Start Using Face Oil
Today. Diakses pada 2020. Are Face Oils Right For You? Here’s Everything You Need to Know