Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 1)

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
inilah-sepuluh-makanan-sehat-terbaik-untuk-menurunkan-berat-badan-1

Halodoc, Jakarta - Bukan rahasia lagi kalau kelebihan berat badan atau obesitas bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, hingga gangguan jantung. Maka dari itu, banyak orang melakukan diet supaya dapat terhindar dari obesitas. Namun, terkadang kekeliruan masih saja terjadi ketika melakukan diet dengan hanya mengurangi asupan makanan sesedikit mungkin. 

Asal menerapkan pola makan sehat, kamu bisa menurunkan berat badan tanpa harus tersiksa menahan lapar. Tenang kok, alam menyediakan banyak sekali jenis makanan rendah kalori dan tinggi nutrisi yang sehat buat kamu. Yuk, kenali beberapa makanan berikut ini yang baik untuk membantu kamu menurunkan berat badan!

Baca juga: 10 Dampak Negatif Obesitas yang Harus Kamu Ketahui

  1. Apel

Satu buah apel berukuran besar mengandung 5 gram serat dan 14 persen kebutuhan harian terhadap vitamin C. Selain dapat menjaga berat badan, nutrisi yang terkandung dalam apel juga penting untuk imunitas. Apel mengandung beberapa antioksidan seperti quercetin atau asam klorogenik yang dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan membantu mencegah lonjakan gula darah. Maka dari itu, apel sering disebut dengan buah seribu manfaat.

  1. Asparagus

Sayuran hijau ini mengandung banyak serat dan prebiotik yang menjadi bahan bakar bakteri baik di usus. Kedua nutrisi ini dapat membantu sistem pencernaan secara efisien. Di samping bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, kandungan serat pada asparagus juga berefek terhadap penurunan berat badan.

  1. Alpukat

Buah yang rasanya lezat dan bisa dimasukan ke dalam berbagai jenis makanan ini terkenal sebagai super food karena kandungan nutrisinya yang berlimpah. Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh yang dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Hal ini dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

  1. Pisang

Pisang adalah salah satu sumber serat, vitamin, dan mineral yang terbaik untuk tubuh kamu. Selain baik untuk menurunkan berat badan, buah tropis ini juga memiliki kadar glikemik yang rendah, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

  1. Jelai

Kebanyakan orang hanya mengetahui jelai (barley) sebagai salah satu bahan dasar sup, padahal biji-bijian yang satu ini sangat baik jika dimasukan ke dalam mangkuk sarapan. Jelai memiliki kandungan serat tertinggi dari semua biji-bijian yang akan membantu kamu menurunkan berat badan karena merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jelai bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol buruk, dan menstabilkan gula darah.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

  1. Paprika

Paprika merupakan makanan sehat serbaguna yang bisa ditumis, dipanggang, dimasak menjadi sup, atau bahkan dimakan mentah-mentah. Apapun warna paprikanya, kamu akan mendapatkan banyak vitamin, mineral, serat, tetapi sangat sedikit kalori ketika mengkonsumsinya. 

  1. Beri

Di balik rasanya yang menyegarkan, buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry mengandung banyak serat yang bisa memperlambat proses pencernaan. Buah beri juga mengandung antioksidan dan fitokimia yang dapat mengurangi risiko peradangan, obesitas, dan sindrom metabolik. Maka dari itu, mengkonsumsi buah beri merupakan kunci untuk menjaga nafsu makan dan mengendalikan kadar gula darah.

  1. Dendeng

Dendeng adalah potongan daging kecil yang diawetkan. Walaupun terlihat sederhana, dalam setiap potongannya dendengan mengandung 32 gram protein dan 160 kalori yang baik digunakan sebagai makanan tambahan untuk diet penurunan berat badan. Protein akan bekerja menurunkan kadar hormon pembangkit nafsu makan, sehingga bisa membantu kamu mengurangi hasrat untuk makan berlebih.

  1. Brokoli

Seperti kebanyakan sayuran hijau, brokoli mengandung banyak serat yang bisa membantu kamu tetap kenyang tanpa harus mengkonsumsi banyak kalori. Apalagi, sekarang sudah banyak inovasi dalam memasak brokoli sehingga lebih nikmat dan menggugah selera.

  1. Kubis

Campurkan kubis atau kol kedalam rebusan, tumis, tambahkan ke salad, atau gunakan sebagai pembungkus makanan lainnya. Begitu banyak kreasi yang bisa kamu lakukan dengan sayur yang satu ini dan tentunya sambil mendapatkan semua manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Program Diet DASH

Mau tahu lebih jauh mengenai makanan sehat lainnya? Kamu bisa bertanya langsung ke dokter di aplikasi Halodoc. Caranya mudah, kamu bisa diskusi kapan dan di mana saja dengan dokter pilihan melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, unduh aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 50 Best Foods for Weight Loss, According to Dietitians and Doctors.