03 August 2017

Waspada 3 Lip Balm yang Dapat Merusak Bibir

Waspada 3 Lip Balm yang Dapat Merusak Bibir

Halodoc, Jakarta – Masalah bibir kering banyak dihadapi wanita, terutama saat sedang menjalankan ibadah puasa. Karena asupan cairan berkurang, secara otomatis tubuh menunjukkan tahap awal dehidrasi. Yang dapat jelas dirasakan adalah pada bibir yang kering dan pecah-pecah.

Lalu bagaimana mengatasinya? Selain dengan menambah asupan cairan saat berbuka dan sahur kamu juga membutuhkan perawatan dari luar untuk menjaga bibir agar tetap lembab. Salah satunya adalah dengan menggunakan lip balm.

Ada banyak jenis lip balm yang beredar di pasaran dengan berbagai jenis merek. Namun ternyata, tidak semua lip balm itu aman digunakan untuk bibirmu, lho. Kamu harus pandai memilih jenis lip balm yang tepat untuk menangani masalah bibir kering. Salah pilih jenis lip balm justru dapat merusak bibir sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah pun semakin parah.

Lip balm yang beredar di pasaran, memiliki aroma buah yang segar dan menggoda. Tetapi beberapa jenis lip balm seperti ini mengandung bahan yang bisa merusak kulit. Menurut Diane Madfes, MD juru bicara American Academy of Dermatology, yang terpenting dalam memilih lip balm adalah memperhatikan kombinasi bahan di dalamnya.

Diane Madfes menyarankan agar memilih jenis lip balm yang mengandung shea butter atau evening primrose oil dan beeswax (lilin lebah). Selain tiu, pilih juga yang mengandung SPF sehingga dapat melindungi bibir dari sinar matahari.

Nah berikut ini adalah beberapa bahan lip balm yang mesti kamu perhatikan agar tidak merusak bibir:

1.  Aroma
Jenis lip balm yang beredar di pasaran memiliki aroma yang segar. Meski begitu, cukup banyak orang yang menunjukkan reaksi alergi terhadap aroma pada lip balm tanpa mereka sadari. Misalnya saja bibir terasa gatal atau mengelupas. Diane Madfes mengungkapkan bahwa beberapa jenis lip balm menggunakan kayu manis untuk menambahkan aroma. Sedangkan, tidak semua orang cocok dengan kayu manis sehingga justru dapat semakin membuatnya kering.

2.  Phenol atau Menthol?
Memang benar bahwa lip balm yang mengandung menthol dapat memberikan efek dingin pada bibir. Namun jangan keliru, bahwa rasa dingin itu bukanlah efek dari menyembuhkan. Lauren E. Ploch MD, dari Georgia Dermatology and Skin Cancer Center menyarankan untuk menghindari produk lip balm yang memiliki kandungan phenol dan menthol. Menurutnya, lip balm dengan kandungan bahan ini didalamnya dapat membuat iritasi dan membuat bibir jadi lebih sensitif.

3.  Vitamin E
Ahli kulit memiliki pandangan berbeda dalam memberikan saran penggunaan Vitamin E untuk perawatan kulit khususnya bibir. Ada beberapa orang yang memiliki alergi Vitamin E alami. Tetapi dalam penelitian selama 20 tahun pada pasien di Mayo Clinic Arizona ditemukan bahwa alergi terhadap jenis vitamin yang satu ini jarang sekali terjadi. Diane Madfes mengakui bahwa pasien-pasiennya tidak memiliki masalah menggunakan Vitamin E. Namun Lauren E. Ploch justru memiliki “aman” dengan tidak menggunakan Vitamin E dan lebih merekomendasikan lilin madu untuk menghindari iritasi.

Bagi kamu yang ingin memilih jenis lip balm yang tepat, sebaiknya perhatikan kandungan dan kenali dulu kulitmu terutama bibir. Cari tahu apakah kamu memiliki alergi terhadap kandungan bahan lip balm tertentu. Sehingga nantinya dapat lebih mudah memilih produk yang dibutuhkan.

Masalah bibir pecah-pecah dapat membuat penampilan terganggu. Untuk itu, sempurnakan penampilanmu dengan selalu memberikan perawatan yang tepat. Apabila butuh saran dari dokter kecantikan, tak usah ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Saat penampilan tidak sempurna dan enggan keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat, Video Call, dan Voice Call. Download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.