18 October 2018

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya diet adalah pola makan yang dilakukan untuk mengendalikan berat badan agar tidak berlebih (overweight) dan mencegah obesitas. Sayangnya, melakukan diet tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak “godaan” berupa makanan dan minuman lezat yang membuat seseorang gagal diet. Bukannya berhasil menurunkan berat badan, “cheating” saat diet justru bisa menambah berat badan.

Apakah Ada Makanan yang Perlu Dihindari Saat Diet?

Tentu ada. Alasannya karena  makanan yang kamu konsumsi memengaruhi hasil diet yang sedang dilakukan. Lantas, apa saja makanan pantangan diet yang perlu dihindari?

1. Kentang Goreng dan Keripik

Camilan ini mengandung kalori tinggi sehingga tidak boleh banyak dikonsumsi saat diet. Sebuah studi menyebutkan, satu porsi kentang goreng dan keripik memengaruhi peningkatan berat badan dibanding makanan lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah kentang dengan cara direbus atau dikukus.

2. Makanan dengan Gula Tambahan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung. Kamu bisa membatasi konsumsi makanan manis, terutama yang mengandung gula tambahan. Cara mengenali makanan yang mengandung gula yaitu dengan membaca label pada makanan kemasan yang kamu beli. Jika kamu suka mengonsumsi makanan manis, kamu bisa mengonsumsi cokelat hitam saat diet.

3. Roti Putih

Sebaiknya, ganti roti putih dengan dengan oats atau roti gandum saat diet. Sebuah studi menyebutkan, orang yang mengonsumsi roti gandum utuh saat diet lebih banyak mengalami penurunan berat badan dibanding yang mengonsumsi roti putih. Pastikan juga untuk menyesuaikan kebutuhan kalori saat mengonsumsi roti gandum.

4. Produk Olahan

Saat diet, sebaiknya hindari mengonsumsi produk olahan seperti sosis, kornet, atau nugget. Alasannya karena produk tersebut banyak mengandung gula dan lemak tambahan yang bisa menggagalkan diet.

5. Jus dalam Kemasan

Jus dalam kemasan perlu dihindari saat diet karena banyak mengandung gula dan kalori. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat jus sendiri dengan buah dan sayuran segar. Selain menyehatkan, buah dan sayuran mencukup kebutuhan serat sehingga kamu bisa kenyang lebih lama. Selain jus dalam kemasan, minuman lain yang perlu dihindari saat diet adalah minuman dalam kemasan dan es krim.

Lantas, Bagaimana Asupan yang Baik Saat Diet?

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Selama diet kamu boleh mengonsumsi makanan apapun asalkan sehat dan tidak berlebihan. Makanan yang dikonsumsi juga sama dengan yang kamu makan sehari-hari, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, sayuran, dan buah-buahan. Kamu perlu menyeimbangkan makanan agar mendapat asupan bergizi seimbang untuk menu diet. Selain itu, kamu perlu memperbanyak minum air putih selama diet agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

Kamu juga perlu menyeimbangkan diet sehat dengan olahraga (setidaknya 20 - 30 menit), menghindari minuman beralkohol, tidak mengonsumsi makanan cepat saji, dan mengatur pola makan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar diet sehat, jangan ragu bertanya pada dokter gizi Halodoc. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter gizi kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: