27 April 2018

5 Makanan Sehat untuk Mengobati Kanker Prostat

5 Makanan Sehat untuk Kanker Prostat

Halodoc, Jakarta – Bagi setiap keluhan penyakit, perubahan gaya hidup dan pola makan akan sangat membantu proses penyembuhan. Pada penyakit kanker yang sulit dideteksi seperti kanker prostat, ada beberapa jenis makanan sehat yang sangat disarankan karena membantu memperlambat penyebaran kanker.

Sebuah tinjauan terhadap 67 penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Onkologi dan Laporan Kasus Kanker, ditemukan bahwa diet kaya tomat dapat membantu masalah kandung kemih. Ini dia 5 makanan sehat untuk kanker prostat.

  1. Teh hijau

Sudah bukan rahasia lagi jika teh hijau adalah tanaman yang sangat kaya manfaat. Termasuk untuk membantu menyembuhkan kanker prostat. Sebuah penelitian dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat pada tahun 2014 menunjukkan manfaat teh hijau dan teh hitam bagi pria yang meminumnya setiap hari selama 12 minggu. Penelitian ini menunjukkan bahwa pria yang meminumnya mengalami peningkatan kualitas hidup hanya dalam waktu enam minggu. Minuman teh hijau meningkatkan aliran urin dan mengurangi peradangan urologis.

(Baca juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat)

  1. Tomat

Manfaat tomat sehubungan untuk kesehatan prostat telah dikenal selama bertahun-tahun. Hal ini disebabkan karena tomat kaya akan kandungan likopen, nutrisi yang membuat tomat tampak merah. Likopen ini juga ditemukan pada semangka dan aprikot.

  1. Kacang Kedelai

Negara-negara dengan konsumsi kedelai yang tinggi (kebanyakan di Asia) ternyata cenderung memiliki tingkat kanker prostat yang jauh lebih rendah. Keledai terbukti menurunkan risiko kanker prostat bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Konsumsi kedelai juga sangat efektif untuk mencegah kanker prostat datang kembali. Manfaat yang sama juga ditemukan pada aneka kacang-kacangan lainnya seperti kacang buncis dan kacang lentil.

  1. Brokoli

Bukan kabar baru jika sayuran hijau baik untuk menghindari masalah kesehatan. Sayuran hijau seperti brokoli juga baik untuk menjaga kesehatan prostat. Selain brokoli, kangkung, kol, dan tauge mengandung senyawa sulforaphane yang bisa melawan kanker terutama kanker prostat stadium lanjut.

  1. Jus Delima

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi jus buah delima dalam jumlah kecil setiap hari bisa memperlambat perkembangan kanker prostat. Sebuah penelitian yang menguji 48 orang yang telah menerima operasi dan radiasi untuk mengobati kanker prostat, menemukan bahwa pria yang minum jus delima mengalami pertumbuhan antigen spesifik prostat empat kali lebih lambat.

(Baca juga: 4 Super Food yang Dibutuhkan Pria)

Sudah tahu kan makanan sehat yang baik buat mengobati kanker prostat? Rencanakan diet sehatmu sekarang dengan tetap mendiskusikannya bersama dokter. Kamu juga bisa tanyakan langsung ke berbagai dokter ahli melalui aplikasi Halodoc lewat Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, di Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang bisa diantarkan langsung ke tempat tujuan dalam satu jam. Cek lab juga bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, lo. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.